02:03

5 Sosok Wanita Masa Kini Yang Paling Berpengaruh di Dunia


Pada jaman dahulu Indonesia memiliki sosok kartini yang memiliki pemikiran maju dan sangat berpengaruh dalam perubahan Indonesia, dunia juga pernah mencatat beberapa wanita tangguh yang turut berperan besar merubah dunia ke arah yang lebih baik. Siapa saja wanita yang dinilai cukup berpengaruh di abad modern? Nah, berikut ini setidaknya ada 5 wanita berpengaruh masa kini, simak terus ya.

1. Sonia Gandhi, India
Edvige Atonia Albina Maino, atau yang lebih dikenal dengan nama Sonia Gandhi, adalah salah satu wanita paling berpengaruh di dunia versi Majalah Forbes. Pemikiran politisnya dalam membangun India sangat hebat, walaupun ia seorang yang dilahirkan di Italia. 

5 Sosok Wanita Masa Kini Yang Paling Berpengaruh di Dunia

Sonia pernah menolak jabatan perdana menteri meskipun partainya memenangi pemilu pada tahun 2004.

Penolakan janda mantan perdana menteri India, Rajiv Gandhi ini akibat kaum nasionalis yang menganggap Sonia bukan orang asli India. Akan tetapi kejadian tersebut justru melahirkan simpati pada Sonia, dan dukungan dari rakyat India justru semakin mengalir.

Menghadapi setiap lawan politiknya tidak dengan cara emosi menjadi karakter yang membuat para pesaingnya sering kali menjadi tunduk. Bahkan saat Sonia (penganut katolik yang taat) diserang dalam perbedaan keyakinan, ia menyikapinya dengan bijak. Hingga kini masih sering terjadi penolakan pada Sonia yang tetap berpolitik dengan nama Gandhi.

2. Michelle Obama, Amerika Serikat
Wanita paling berpengaruh di dunia berikutnya masih dari versi Majalah Forbes adalah Michelle Obama. Wanita yang di lahirkan di Chicago, Illinois, Amerika Serikat ,17 januari 1964 ini disebut-sebut sebagai sosok utama dibalik suksesnya Barack Obama menjadi presiden Amerika Serikat. 


Berbeda dengan ibu negara lainnya yang lebih sering terlihat tampil glamour saat berpakaian, Michelle justru selalu sederhana namun nampak fashionable. Itu pulalah yang membuat Michelle sangat disukai para perancang busana.

Wanita yang berasal dari etnis Afrika-Amerika ini mengawali karier sebagai pegawai Firma Hukum Sidley Austin yang juga menjadi tempat bertemunya dengan sang suami. Lalu Michelle pernah tercatat sebagai asisten wali kota Rhicago, sebagai wakil presiden untuk hubungan eksternal dan komunikasi Rumah Sakit Universitas Chicago. Pemikiran-pemikiran yang hanya diberikan pada sang suami dengan kesuksesn negara, adalah sisi yang membuat dirinya dianggap sangat berpengaruh pada dunia.

3. Margaret Thatcher, Inggris
Wanita yang dianggap berpengaruh di dunia pertama yaitu, Margaret Thatcher (13 Oktober 1925 – 8 april 2013). Wanita yang dijuluki Iron Lady ini merupakan perdana menteri Britania Raya paling lama sepanjang sejarah abad ke-20. 

Foto: Abcnews.go.com

Bukan hanya menduduki posisi perdana menterinya paling lama, tapi juga satu-satunya wanita yang mampu duduk di posisi tersebut.

Dengan berjuluk ‘Iron Lady‘ wanita kelahiran Grantham, Lincolnshire, Inggris, memimpin Inggris dengan caranya yang konservatif dan keras. 

Akan tetapi, popularitas Thatcher di tahun-tahun pertama menjabat perdana menteri sempat menurun, karena resesi dan tingkat pengangguran yang tinggi. Perbaikan ekonomi dan Perang Falkland 1982, kembali melesatkan namanya hingga kembali menjabat perdana menteri.

Ternyata selain sangat cerdas dalam berpolitik, karya Thatcher juga dikenang di luar politik. Thatcher yang juga seorang ahli kimia dan berperan besar dalam penemuan teknologi pembuatan dan pengemasan es krim lembut.

4. Sri Mulyani Indrawati, Indonesia
Untuk masalah wanita paling berpengaruh dunia di era modern, Indonesia juga memilikinya. Kebanggaan tersebut ada pada sosok Sri Mulyani Indrawati. 


Wanita kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962 ini merupakan orang Indonesia pertama yang menjabat Direktur Pelaksana Bank Dunia, sekaligus wanita pertama di dunia yang memegang jabatan tersebut sejak 1 Juni 2010 lalu.

Kecerdasannya dalam mengatur masalah ekonomi negara membawa namanya memperoleh predikat sebagai menteri keuangan terbaik Asia 2006 dari Emerging Markets. 

Dengan beberapa prestasi lainnya, seperti membuat perekonomian Indonesia kuat saat krisis perekonomian mengguncang dunia, membuat Majalah Forbes menempatkan Sri Mulyani, sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia. Sedangkan Majalah Globe Asia pada 2007 menilai Sri Mulyani menjadi orang terpenting ke-2 di Indonesia.

5. Angela Merkel, Jerman
Wanita paling berpengaruh di dunia berikutnya Angela Merkel. Wanita kelahiran Hamburg, Jerman, 17 Juni 1954 ini adalah seorang kanselir Jerman. Seperti halnya Margaret Thatcher, Merkel juga menjadi wanita pertama yang menjadi kanselir di Jerman. 


Lahir dengan nama Angela Dorothea Merkel, kini menjadi orang pertama bekas warga negara Republik Demokratik Jerman yang memimpin Jerman.

Menurut majalah Forbes, Merkel merupakan seorang wanita paling berkuasa di dunia, dan wanita ketiga sebagai ketua G8. Pada 1 Januari 2007, Merkel juga menjadi wanita kedua dalam jabatannya sebagai ketua G8 setelah Margaret Thatcher. 

Namun, pada saat krisis ekonomi melanda Eropa, Merkel turun langsung melakukan perbaikan Jerman bersama negara Eropa lainnya. Meskipun ia seorang pemimpin, Merkel mengaku masih sering gugup jika berdiri di depan podium sebelum berpidato. Sisi unik lainnya adalah sebaga fans sepak bola. Saat perhelatan piala dunia 2010 Afrika, Merkel selalu mendampingi pasukan Der Panzer.

Nah, itulah beberapa sosok wanita yang paling berpengaruh  di saat ini. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengikuti jejak mereka? 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...