10 Lukisan Paling Indah dan Menakjubkan yang Ada di Pinggiran Buku

Ditulis oleh: - -
10 Lukisan Paling Indah dan Menakjubkan yang Ada di Pinggiran Buku
Unik Aneh — Ditemukan sebuah karya seni yang sangat menakjubkan di pinggiran buku lama. Ketika diteliti ternyata ada sebuah lukisan yang begitu menakjubkan. Lantas bagaimana seniman ini membuatnya ya?

Rupanya seni melukis di pinggiran buku ini populer pada abad pertengahan di Eropa, namun menjadi terkenal pada pertengahan abad 17 hingga akhir abad 19. Karya seni ini bisa dilihat jika menekuk bagian halaman buku tersebut yang akan muncul sebuah lukisan.

Entah bagaimana seniman ini melukis di tepian buku tersebut, terlebih menurut Anne C. Bromer selaku perwakilan dari Perpustakaan Boston mengatakan jika pelukis jarang menulis identitas dan kapan karya ini dibuat. Jika penasaran, mari kita lihat karya-karya menakjubkan ini. 

1. The Poetical Works of Alexander Pope
The Poetical Works of Alexander Pope
© foreedge.bpl.org
Penggambaran sebuah keindahan tak hanya dituangkan dalm sebuah kata-kata, namun juga bisa dari lukisan. Seperti yang dilakukan oleh Alexander Pope yang melukiskan sebuah bangunan yang rindang dan dekat dengan sungai.

Alexander menangkap suasana tahun 1863 dan mewariskan kepada kita seperti apa saat era tersebut. Pastinya membuat kita tergugah untuk berharap bisa merasakan era tersebut.

2. Speeches of Henry Lord Brougham
Speeches of Henry Lord Brougham
© foreedge.bpl.org
Dari lukisan pinggiran buku kita bisa belajar sejarah seperti apa di masa tersebut. Henry Lord Brougham sepertinya takjub dengan pemandangan yang dilihatnya.

Mungkin itu alasan dia menamai lukisan yang dibuat pada tahun 1838. Cukup detil serta struktur pewarnaan yang begitu nampak seperti aslinya. 

3. Oberon
Oberon
© foreedge.bpl.org
William Sotheby melakukan perjalanan ke Timur Tengah dan melihat hal yang tidak ia dapatkan di negaranya. Dia pun melukiskan apa yang dilihatnya pada buku yang dibuatnya.

Oberon dibuat pada tahun 1798 dengan tema suasana Timur Tengah. Terlihat unta dan bangunan masjid yang menjadi latar belakang lukisan ini. 

4. Characteristics of Women
Characteristics of Women
© foreedge.bpl.org
Lukisan yang diberi nama Characteristics of Women, Moral, Political, and Historical ini dilukisan di atas buku yang sangat tebal. Anna Jameson menuangkan apa yang dipikirannya pada tahun 1833.

Dari lukisan ini kita bisa mengetahui seperti apa aktivitas perempuan pada masa tersebut. Meskipun sangat lama sekali lukisan ini tetap awet dan tidak memudar warnanya. 

5. The Poetical Works of Thomas Moore
The Poetical Works of Thomas Moore
© foreedge.bpl.org
Thomas Moore terinspirasi dengan bangunan dan keadaan yang dilihatnya dan kemudian dituangkan ke dalam pinggiran buku yang dibawanya. Lukisan yang dibuat pada tahun 1865 ini diberi judul The Poetical Works of Thomas Moore.

Meski buku tersebut sudah menguning akibat dimakan usia, namun warnanya tak memudar. Malah menimbulkan efek yang membuat lukisan terlihat baik. 

6. Analysis of the Game of Chess
Analysis of the Game of Chess
© foreedge.bpl.org
Francois-André Danican Philidor membuat lukisan sebuah pertandingan catur antar bangsawan. Lukisan yang dibuat pada tahun 1790 ini merupakan potret diri aktivitas para bangsawan saat itu.

Sangat terasa ciri khas lukisan abad pertengahan dengan detil yang menakjubkan. Buku yang tebal membuat lukisan ini terlihat jelas.

7. The Speeches of The Right Honorable William
The Speeches of The Right Honorable William
© foreedge.bpl.org
Tak hanya populer di Eropa saja, lukisan pinggiran buku juga mewabah di Amerika. Sepertinya pendatang dari Eropa yang membawa seni ini di sana.

Sepertinya sang pelukis terkesan dengan kondisi Amerika di saat itu. Pada tahun 1808 dia menuangkan imajinasinya ke dalam sebuah buku tebal dan jadilah sebuah maha karya mengagumkan ini. 

8. The Holy Bible
The Holy Bible
© foreedge.bpl.org
Lukisan Holy Bible ini tidak diketahui siapa yang membuat dan kapan tahun pembuatannya. Uniknya lukisan ini memiliki dua sisi yang berbeda.

Satu sisi melukiskan perjamuan terakhir, sedangkan di sisi satunya nampaknya melukiskan kisah lain. Kedetilan yang luar biasa dan terlihat seperti aslinya. 

9. Poems by The Late William Cowper
Poems by The Late William Cowper
© foreedge.bpl.org
Susah melacak kenapa para pelukis ini melukis di pinggiran buku dan bukan di kanvas. Pasalnya tak ada keterangan lebih lengkap mengenai lukisan tersebut.

Seperti lukisan yang dibuat pada tahun 1820 ini yang menggambarkan aktivitas di abad pertengahan. Hiruk pikuk wanita dan pria di sebuah pasar digambarkan jelas di sini. 

10. The Causes, Appearances..
The Causes, Appearances..
© foreedge.bpl.org
Entah apa dibenak Robert Mudie saat membuat lukisan yang memiliki judul panjang ini. The Causes, Appearances, And Effects of The Seasonal Decay and Decomposition of Nature dibuat pada tahun 1837.

Lukisan bertemakan pemandangan ini dilukis di pinggiran sebuah buku dan bisa dilihat jika kamu memiringkan lembaran kertas tersebut. Pertanyaan yang besar, bagaimana mereka bisa melukis sedetil ini di pinggiran sebuah buku?

Jadi itulah kesepuluh lukisan paling indah dan sangat menakjubkan yang terdapat di pinggiran sebuah buku. Menurut pendapat anda bagaimana?

Simak juga artikel berikut ini :
Lake Natron, Danau Paling Aneh dan Unik Yang Ada di Tanzania
Ternyata Ini Rumah Mewah Yang Telah Berusia 900 Tahun

10 Sosok Manusia Yang Menjelma Menjadi Boneka Barbie
Demikian artikel tentang 10 Lukisan Paling Indah dan Menakjubkan yang Ada di Pinggiran Buku Rating: 5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: 10 Lukisan Paling Indah dan Menakjubkan yang Ada di Pinggiran Buku. Jangan lupa untuk berkunjung kembali.Hello My name is Agus Wandi, but people call me Wandi. Here is my homepage: unik-aneh-seru.blogspot.com. I live in Indonesian, NM and work as an CEO at Unik Aneh. Agus Wandi—Artikel Review Rating: 5 out of 5 based on 7689999 reviews.