Tips-Tips Paling Mudah Untuk Membuat Sate Padang yang Pasti Enak Rasanya

Ditulis oleh: - -
Tips-Tips Paling Mudah Untuk Membuat Sate Padang yang Pasti Enak Rasanya
Unik Aneh — Sepertinya ada beberapa yang belum mengetahui Sate Padang ya. Ternyata dari sekian banyak sate di Indonesia, ada diantaranya yang bernama Sate Padang. Tahukah anda, Sate Padang merupakan sebutan untuk tiga jenis varian sate di Sumatera Barat, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman.

Biasanya, Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan (jantung, usus, dan tetelan) dengan bumbu kuah kacang kental (mirip bubur) ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas.
Sate Padang
Sate Padang © wikipedia.org
Sate Padang Panjang dibedakan dengan kuah sate nya yang berwarna kuning sedangkan sate Pariaman kuah nya berwarna merah. Rasa kedua jenis sate ini juga berbeda. Sedangkan sate Padang mempunyai bermacam rasa perpaduan kedua jenis varian sate di atas.
Tentunya Sate Padang kali ini asli bumbu nya dan enak rasanya serta sangat mudah cara membuatnya. Sate padang yang akan kita buat kali ini berbahan dasar daging sapi yang terdiri dari jerohan, lidah sapi gajih atau lemak. 

Tanpa berlama-lama, langsung saja ya siapkan catatan untuk mencatat resep dan cara memasak sate padang  berikut ini.

Bahan-bahan yang diperlukan :
250 gram jantung sapi
250 gram lidah sapi
100 gram gajih (lemak) sapi
100 ml minyak goreng
1500 ml santan encer
ketupat secukupnya
tusukan sate

Bumbu-bumbu :
5 sdm bawang goreng
3 biji kapulaga putih
3 biji cengkeh
2 buah bunga peka (lawang)
1 batang kayu manis

Bumbu yang dihaluskan:
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
2 cm jahe
2 cm lengkuas
3 buah cabe merah
1 sdt lada
3 butir kemiri
1/2 sdt jinten
1/2 sdt adas manis
1/2 sdm ketumbar
50 gram kacang goreng

Cara Memasak:
Pertama-tama, rebus jantung sapi, lidah, kayu manis, cengkeh dan garam hingga setengah masak. Kemudian, panaskan minyak lalu tumis semua bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang. Setelah itu masukkan ke dalam rebusan daging, kecilkan api. Masak hingga semua bahan empuk. Jika sudah, kemudian larutkan gajih sapi, tambahkan minyak goreng dan biarkan hingga gajih mencair. Angkat daging, potong tipis melintang, kemudian tusuk dengan tusukan sate. Kemudian celupkan sate ke dalam minyak gajih sapi lalu bakar serentak
Letakkan potongan ketupat diatas piring, kemudian taruh sate. Untuk yang terakhir, siram dengan bumbu dan taburkan bawang goreng diatasnya. Lebih enak jika dimakan sewaktu masih panas.

Jadi demikian penjelasan singkat tentang tips mudah membuat sate padang yang pasti nikmatnya. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Silahkan di share jika menurut anda artikel ini bermanfaat.

Simak juga yang berikut ini :
7 Jenis OS Smartphone yang Paling Terkenal dan Tercanggih di Abad ini
10 Lukisan Paling Indah dan Menakjubkan yang Ada di Pinggiran Buku
10 Sosok Manusia Yang Menjelma Menjadi Boneka Barbie
Demikian artikel tentang Tips-Tips Paling Mudah Untuk Membuat Sate Padang yang Pasti Enak Rasanya Rating: 5 Reviewer: Echy Aja - ItemReviewed: Tips-Tips Paling Mudah Untuk Membuat Sate Padang yang Pasti Enak Rasanya. Jangan lupa untuk berkunjung kembali.Hello My name is Agus Wandi, but people call me Wandi. Here is my homepage: unik-aneh-seru.blogspot.com. I live in Indonesian, NM and work as an CEO at Unik Aneh. Agus Wandi—Artikel Review Rating: 5 out of 5 based on 7689999 reviews.