5 Daftar Negara di Eropa Timur Yang Tidak Memiliki Gunung

Ditulis oleh: - -

Di dunia ini ternyata tidak semua negara memiliki pegunungan meskipun beberapa memiliki daratan yang didominasi bukit. Walaupun tidak memiliki gunung yang dikenal sebagai simbol kesuburan sebuah wilayah, beberapa negara besar bahkan memiliki perkebunan dan peternakan yang subur. Berikut ini adalah 5 negara besar yang tidak memiliki gunung.

1. Latvia
Masih dari Kawasan Baltik berbatasan dengan Estonia dan Lithuania di Eropa timur, Latvia menjadi salah satu negara yang dikenal tidak memiliki deretan pegunungan selain perbukitan. 

Latvia

Dengan area seluas 64.589 Km3, dan puncak tertinggi 312 meter di Bukit Gaizinkalns. Bahkan sebesar 98 persen wilayah di Lithuania beradai di ketinggian 200 meter di bawah laut. Meskipun demikian Latvia merupakan negara dengan tanah yang subur, terbukti dengan 25 persen penduduk yang tinggal di atas bukit memilih untuk bertani dan berternak.

2. Moldova
Negara Eropa timur terakhir yang tidak memiliki gunung adalah Moldova, yang dikenal sebagai dengan dengan daratan terendah. 


Sebenarnya negara dengan luas 33.846 Km3 ini hanya memiliki puncak tertinggi mencapai 430 meter di kawasan Bukit Balanesti. Bahkan rata-rata ketinggian tanah di Moldova hanya mencapai 147 meter saja.

3. Belarusia
Belarusia merupakan negara di Eropa timur yang memiliki luas area 207.595 Km3, dengan puncak tertinggi mencapai 345 meter di kawasan Dzyarzhynskaya. Meskipun tidak memiliki pegunungan, Belarusia memiliki daratan hijau dengan perbukitan yang indah. 


Maka tidak heran jika masyarakat Belarusia memilih untuk bertani dan berternak, karena memiliki tanah yang subur.

4. Estonia
Sementara tetangga Latvia, Estonia yang memiliki luas wilayah sebesar 45, 227Km3 dengan puncak tertinggi mencapai 318 meter di kawasan Suur Munamägi. 


Estonia merupakan salah satu negara Eropa di Baltik yang diselimuti oleh lembah dan hutan, yang juga tidak memiliki wilayah pegunungan. Meski demikian hutan raya Estonia dikenal dengan beruang, srigala, anjing hutan dan tupai terbang spesies hewan lainnya. Estonia pun memiliki lahan jenuh air yang telah berusia lebih dari 3.000 tahun.

5. Lithuania
Negara ini memiliki nasib yang sama dengan Belarusia, yakni tidak memiliki pegunungan di wilayahnya. Memiliki wilayah seluas 65.300 Km3, dengan puncak tertinggi mencapai 294 meter yakni di kawasan Bukit Aukštojas. 


Meskipun tidak memiliki gunung, Lithuania tetap menarik untuk dikunjungi. Dengan daratan yang didominasi oleh wilayah hutan (33 persen), terdapat danau dan kawasan wisata alami lainnya.

Demikian artikel tentang 5 Daftar Negara di Eropa Timur Yang Tidak Memiliki Gunung Rating: 5 Reviewer: oe! - ItemReviewed: 5 Daftar Negara di Eropa Timur Yang Tidak Memiliki Gunung. Jangan lupa untuk berkunjung kembali.Hello My name is Agus Wandi, but people call me Wandi. Here is my homepage: unik-aneh-seru.blogspot.com. I live in Indonesian, NM and work as an CEO at Unik Aneh. Agus Wandi—Artikel Review Rating: 5 out of 5 based on 7689999 reviews.