3 Cara Untuk Mengetahui Apakah Wanita Sedang Dalam Masa Subur

Ditulis oleh: - -
Unik Aneh — Tahukah anda? Masa subur merupakan suatu masa di mana sel telur dilepaskan dari ovarium. Pada saat ini telur telah dalam keadaan matang dan menunggu dibuahi oleh sperma. Seandainya tidak dibuahi, maka ia akan terlepas dari rahim, dan mengalami pendarahan serta dibuang melalui tuba falopi serta lewat ke saluran rahim untuk dibuang dalam bentuk darah menstruasi. 

3 Cara Untuk Mengetahui Apakah Wanita Sedang Dalam Masa Subur

Pada umumnya masa subur wanita ini terjadi pada 12 - 16 hari dihitung dari hari pertama menstruasi. Sepanjang masa subur ini ada beberapa tanda yang bisa Anda amati. Sebagaimana dilansir oleh babycenter, berikut ini ada beberapa tanda yang dialami ketika wanita sedang mengalami masa subur. 

1. Peningkatan suhu tubuh 
Biasanya wanita akan cenderung mengalami peningkatan suhu tubuh ketika masuk pada masa subur. Suhu ini biasa disebut dengan suhu basal. Setiap wanita punya suhu basal yang berbeda-beda. 

Adapun cara untuk mengetahuinya adalah mengukur temperatur Anda di saat hari biasa, dan di saat waktu sebelum menstruasi. Saat suhu badan tertinggi di beberapa hari dalam satu bulan, maka di situlah Anda sedang mengalami masa subur. 

2. Perubahan tekstur dan warna lendir 
Setiap bulan wanita akan mengeluarkan lendir yang menyerupai keputihan. Selama masa subur, lendir ini jumlahnya akan semakin banyak, teksturnya juga berubah. Hal ini disebabkan karena tubuh bereaksi dengan meningkatnya hormon estrogen di dalam tubuh. 

Lendir ini biasanya jernih, licin, serta mulur saat wanita sedang subur. Lendir ini sebenarnya yang akan membantu sperma masuk ke dalam lahir dengan lebih cepat dan aman. Apabila hubungan intim terjadi pada masa ini, maka kehamilan lebih mudah terjadi. 

3. Perut bagian bawah agak nyeri 
Pada umumnya ketika sedang menstruasi, perut bagian bawah akan terasa nyeri dan tidak nyaman. Nah, sebelum menstruasi terkadang Anda akan merasakan hal yang sama. Di sinilah Anda sebenarnya sedang mengalami masa subur. Aktivitas sel telur meningkat sehingga seringkali menyebabkan nyeri atau perut bagian bawah seperti ditarik. 

Sebenarnya untuk mengetahui masa subur sekarang tidak harus dengan melihat tanda-tanda di atas. Kini dengan kemajuan teknologi, sudah ada alat yang bisa membantu mengetahui masa subur Anda. 

Biasanya alat ini dijual bebas di apotik, namun biasanya alat ini juga tergolong agak mahal. Kisaran harganya di antara 200 ribu - 500 ribu rupiah. Bila Anda ingin menghemat biaya dan mengetahui masa subur Anda, lebih baik mulai sekarang ambil sebuah agenda untuk mencatat setiap tanggal dan mengamati perubahan yang Anda rasakan. Amati pula warna lendir serta suhu tubuh sehingga Anda bisa merencanakan kehamilan dengan lebih mudah. 

Simak juga :
Waspada! Modus Baru Perdagangan Bayi Yang Kian Marak
5 Cara Paling Unik dan Aneh Untuk Menutupi Kebotakan Pada Kepala
Ketahui 7 Hal Yang Menyebabkan Seseorang Menjadi Cepat Tua
Demikian artikel tentang 3 Cara Untuk Mengetahui Apakah Wanita Sedang Dalam Masa Subur Rating: 5 Reviewer: oe! - ItemReviewed: 3 Cara Untuk Mengetahui Apakah Wanita Sedang Dalam Masa Subur. Jangan lupa untuk berkunjung kembali.Hello My name is Agus Wandi, but people call me Wandi. Here is my homepage: unik-aneh-seru.blogspot.com. I live in Indonesian, NM and work as an CEO at Unik Aneh. Agus Wandi—Artikel Review Rating: 5 out of 5 based on 7689999 reviews.